LiFi Klaim lebih Cepat 100 kali di Bandingkan Wifi

Tags

Ilustrasi Lifi,Image via phys.org

Apakah Anda pernah merasakan jaringan Wi-Fi berkecepatan tinggi? Jika Anda pernah mengalaminya, mungkin Anda akan terkagum-kagum dengan sistem jaringan nirkabel bernama LiFi.

Keunggulan dan keistimewaan Li-Fi bisa mentransmisikan data dengan kecepatan yang tidak bisa Wi-Fi lakukan. Bahkan dikatakan bisa menembus kecepatan 1Gbps, hal ini tentu lebih cepat 100 kali dari jaringan Wi-Fi.

Seperti Dilansir oleh Mashable.com (25/11/15), perusahaan teknologi Velmini, memperkenalkan jaringan nirkabel kepada IBTimes UK dan mengatakan jika mereka mampu mencapai kecepatan tersebut(1GBps).

Dan uniknya lagi, apabila Wi-Fi mentransmisikan data lewat udara, Li-Fi malah menggunakan media cahaya sebagai transmisi datanya. Sehingga Li-Fi bisa mentransmisikan data tersebut lewat lampu LED yang berkedip hanya dalam hitungan nanodetik saja.

Karena menggunakan cahaya, Li-Fi tidak seperti Wi-Fi yang bisa menembus dinding, sehingga jaringan ini memiliki keterbatasan dalam cakupannya. Walaupun begitu,Namun jaringan terbaru ini dikatakan akan segera diaplikasikan  untuk penggunaan di rumah maupun kantor-kantor.Karena, dengan adanya jaringan ini lampu rumah dan kantor bisa  memiliki dua fungsi, yaitu untuk menerangi ruangan dan untuk menciptakan jaringan nirkabel LiFi. Nah, menarik bukan? Bagaimana pendapat Anda?

Artikel Terkait