10 Gempa Bumi Paling Merusak Yang Pernah Terjadi Sepanjang Sejarah

Kadang-kadang tidak perlu gempa bumi berkekuatan besar pada skala Richter untuk menjadi destruktif, juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti jenis tanah dan dekat dengan laut. Gempa bumi berkekuatan rendah dapat memicu tsunami besar yang menghancurkan segala sesuatu.

Saya akan membawa Anda untuk mengenal kompilasi dari 10 gempa bumi yang paling merusak yang pernah terjadi.

 1. Tabriz


Salah satu gempa bumi paling mematikan dan merusak dalam sejarah yang terjadi di Tabriz, sekarang Iran, pada tahun 1780. Jumlah korban tewas mencapai lebih dari 200 ribu orang dan tingkat kerusakan pada standar yang kita gunakan saat ini digambarkan sangat ekstrim. besarnya adalah 7,7 pada skala Richter.

 2. Damghan


Diperkirakan 200 ribu orang tewas dalam gempa bumi di Damghan, yang terjadi pada 856 SM, ini juga bagian dari Iran sekarang , rusak parah juga terjadi di daerah sekitar 300 kilometer sekitar pusat gempa. Selama bertahun-tahun gempa susulan terjadi peningkatan kerusakan.

 3. Hongdong


Pada tahun 1303, di Hongdongm, utara China, gempa bumi dengan lebih dari 200.000 korban jiwa terjadi. wilayah pertanian ini mengalami kerusakan serius, namun kuil yang paling penting di daerah tersebut selamat, dan situs ziarah  ini menjadi pariwisata religi dan pariwisata umum.

 4. Aleppo


Pada 1138, kota Aleppo, sekarang bagian dari Suriah, dilanda gempa kuat, yang korbannya diperkirakan sekitar 230 ribu orang. Didahului dengan gempa yang lebih kecil hari sebelumnya, merusak hampir semua bangunan di daerah tersebut.

 5. Antioch


500 tahun sebelum gempa kuat yang melanda daerah itu pada abad keenam, Antioch menderita gempa mematikan lain yang menewaskan lebih dari 270 ribu orang pada 115 SM.  Antiokhia, yang sekarang Turki, tidak hanya korban gempa bumi, tetapi ini juga menyebabkan tsunami yang menyebabkan kerusakan parah.

 6. Antioch, Lagi


Saat itu tahun 526 SM ketika Antioch, bagian dari Kekaisaran Bizantium, kembali diguncang gempa kuat yang mengakibatkan antara 250 000 dan 300 000 korban. kerusakan tidak hanya disebabkan oleh gempa, namun juga oleh gempa susulan yang terjadi lebih dari satu tahun setengah.

 7. Haiyuan


Pada urutan 7 adalah China, salah satu gempa paling merusak dalam sejarah, yang mengakhiri kehidupan 273.400 orang. Terjadi pada tahun 1920, gempa kuat ini dipusatkan di daerah Haiyuan, terletak di wilayah barat laut China. tingkat kerusakan dianggap sebagai bencana terburuk pada Desember, yang mengakibatkan mereka lebih banyak orang kehilangan tempat tinggal.

 8. Samudra Hindia


Mungkin Anda ingat gempa ini, menyebabkan tsunami yang besar, dengan korban 280 ribu orang terutama di Thailand, Indonesia dan Sri Lanka, dan negara-negara lain. Terjadi pada tahun 2004, gempa ini berasal dari pantai barat Sumatera, Indonesia, dan merupakan salah satu yang terlama dalam sejarah, yang berlangsung antara 8 dan 10 menit.

 9. Tangshan


Sebuah gempa yang mengakibatkan korban tewas antara 650.000 dan 779.000 orang , dengan pusat gempa di daerah Tangshan di timur laut Cina, gempa paling merusak dari abad kedua puluh. Tak lama kemudian gempa susulan, berlangsung antara 14 dan 16 detik, tapi dengan cepat menghancurkan segala sesuatu. 16 jam kemudian, gempa susulan yang kuat meruntuhkan apa yang tersisa, selain menambah lebih banyak korban.

 10. Shaanxi


Pada tahun 1556, di Shaanxi, Cina, Gempa yang paling merusak yang pernah terjadi tercatat menewaskan lebih dari 830.000 orang, rekor tidak menyenangkan ini dibarengi oleh kehancuran hampir total di wilayah 840 kilometer sekitarnya. 60% dari populasi di daerah yang terkena meninggal dan perubahan geografis besar yang selamanya mengubah lanskap daerah ini terletak di bagian barat laut China.

Jika Anda suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk berbagi !

Artikel Terkait