5 Tips Untuk Karyawan Supaya Disayangi Oleh Bos

Tags

Untuk menjadi seorang karyawan yang di sayangi oleh majikan, memenangkan hati bos tidak akan menjadi penghalang buat Anda. Jika Anda tahu cara-caranya, pastinya sangat mudah untuk dilakukan. Namun, Anda harus bijak untuk merancang beberapa strategi supaya menjadi seorang karyawan yang disenangi oleh majikan.

Sumber Via


Simak beberapa tips yang mudah untuk Anda ikuti. Ini juga hasil dari penelitian ilmiah dan pendapat dari para ahli.

1. Hadir Ke Kantor Tepat Pada Waktunya

Penelitian yang dilakukan oleh Michael G.Foster, dari Sekolah Bisnis di Universitas Washington. Dia mengatakan bahwa, karyawan yang sering tiba di kantor tepat pada waktunya dianggap memiliki prestasi kerja yang baik, jika dibandingkan dengan mereka yang sering datang terlambat.

Namun, jika Anda merasa bahwa Anda akan menjadi lebih produktif bila bekerja dari waktu 10 pagi sampai 6 sore, dibandingkan dengan pukul 9 pagi hingga 5 sore.  Anda harus berbicara dahulu dengan majikan tentang hal ini. Mungkin dengan cara ini, majikan akan menganggap Anda seorang pekerja yang jujur.

2. Rajinkan Diri Untuk Mendapatkan Nasihat

Tidak semua individu yang berani untuk meminta nasihat dari Bos mereka, dan mungkin mereka lebih berhati-hati untuk bertanya. Anda juga mungkin ingin tahu bagaimana mereka bisa sukses sehingga ke tingkat yang dapat dibanggakan, serta apakah strategi yang sering digunakan oleh mereka untuk berhasil. 

Ulasan dari Harvard Business School menunjukkan bahwa, jika Anda meminta nasihat dari orang yang lebih berpengalaman, ini tidak berarti Anda seorang yang kurang bijak. Bahkan, bisa membuat Anda menjadi seorang yang berwibawa serta ingin mempelajari sesuatu yang baru.

Para peneliti menjelaskan bahwa, ketika Anda sering meminta nasihat maupun pendapat hal tersebut akan menyebabkan mereka lebih nyaman untuk berbagi segala ilmu yang ada.

3. Jadikan Atasan Sebagai Mentor

Ini adalah satu istilah dimana, Anda harus peka dan tahu apakah yang membuat bos Anda suka dan sering peduli tentang sesuatu hal. Menurut Dave Kerpen seorang pendiri dan CEO, dia mengatakan, seorang pengusaha sudah tentu ingin terlihat hebat kepada majikan di atas mereka.

Dengan itu, majikan Anda selalu ingin melakukan yang terbaik buat diri mereka dan juga perusahaan. Secara tidak langsung, segala efek positif pada mereka akan memberikan dampak yang positif juga buat Anda untuk menjadikan mereka sebagai mentor untuk sukses.

4. Pergi Liburan

Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh ahli Ekonomi Oxford, karyawan yang mengambil cuti untuk pergi berlibur sebanyak 6.5% lebih cenderung untuk mendapatkan pikiran dan pemikiran yang lebih luas. Ini karena, ketika pulang dari liburan, secara tidak langsung Anda memiliki pemikiran yang lebih segar serta lebih produktif. Seorang Bos yang baik, tidak mungkin akan menghalangi Anda untuk pergi berlibur demi mengistirahatkan pikiran dari kesibukan bekerja.

5. Sering Menyuarakan Pendapat

Jika Anda memiliki pendapat, hindari dari berdiam diri saja tetapi segeralah bersuara. Ini karena, sebagai seorang karyawan Anda juga memiliki hak untuk memberikan pendapat. Menurut Jenna Lyons, seorang presiden dan direktur eksekutif dari J.Crew grop Inc. Dia menemukan bahwa, sangat mungkin seseorang individu untuk memahami apa yang mereka inginkan jika mereka tidak memberikan pendapat.

Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, jangan jadikan kekurangan tersebut sebagai satu halangan buat Anda malu untuk bersuara. Sebaliknya, setiap individu memang memiliki hak untuk berbicara serta memberikan pendapat yang dapat membangun untuk kebaikan bersama.

Artikel Terkait