10 Temuan Menakjubkan Arkeologi Misterius di Dunia Namun Masih Jadi Misteri

Selalu menarik untuk mendengar cerita aneh dan misterius dalam sejarah. Dengan kemajuan teknologi, kita mampu mengungkap informasi lebih banyak tentang nenek moyang kita dan cara hidup mereka. Meskipun kita jauh lebih unggul dari nenek moyang kita, selalu ada sesuatu yang digunakan atau diciptakan yang membuat kita bertanya-tanya tentang maknanya. Sejarah kemanusiaan mencakup beberapa ribu tahun dan kita tidak mungkin sepenuhnya memahami rahasia di masa lalu. Beberapa artefak ditemukan selama penggalian arkeologi oleh ilmuwan dan arkeolog. Temuan misterius dan membingungkan telah menimbulkan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Teka-teki berikut ini mungkin telah diciptakan untuk memenuhi tujuan yang mungkin tidak pernah kita tahu atau mengerti.  Berikut adalah 10 temuan tersebut dalam sejarah, yang tujuannya masih belum diketahui sampai hari ini.



1. Stone Spheres Kosta Rika

Sumber : Feel The Planet/Rodrigo Fernández

Pertama kali ditemukan di  Diquis Delta dekat Karibia selatan, cerita di balik batu kuno sempurna ini  belum diketahui. Sejak awal tahun 1930, ratusan bola tersebut ditemukan tersebar di seluruh Kosta Rika.Dengan ukuran diameter mulai dari hanya beberapa sentimeter hingga lebih dua meter, beberapa batu berbobot lebih dari 16 ton. Batu-batu tersebut sebagian besar dibuat menggunakan granodiorit, batu beku keras dan diyakini buatan manusia. Sejak penemuannya, beberapa spekulasi dan teori-teori yang menjelaskan penggunaan batu telah muncul. Meskipun banyak ilmuwan datang dengan cerita yang meyakinkan, tujuan awal pembuatan batu masih tetap menjadi misteri. Sekarang, mayoritas monumen ini hancur oleh ulah manusia dan terancam punah. Hanya segelintir bola misterius ini yang tersisa di Kosta Rika.

2. Patung Emas Inca

Sumber Gambar: Ancient UFO


Artefak emas revolusioner yang dibuat oleh peradaban quimbaya  sekitar 1000 SM ditemukan di Kolombia, beberapa artefak yang dianggap mewakili pesawat modern. The Quimbaya planes  berukuran 2 sampai 3 inci (5 hingga 7,5 cm) setiap kapal emas ini memiliki aerodinamis yang akurat. Insinyur aeronautika Jerman Peter Belting dan Conrad Lubbers membuktikan hal ini pada tahun 1994, dengan melakukan percobaan menggunakan model kedua mesin tunggal dan bertenaga jet . Benda-benda emas jelas mewakili pemahaman aerodinamis. Banyak teori percaya bahwa peradaban Quimbaya itu mereplikasi ruang kapal asing tetapi tujuan sebenarnya dari ornamen ini tetap misteri.

3. Piring Cakram Genetik

Sumber : The Ancient One

Beratnya hanya 2 kg, artefak misterius ini ditemukan di Kolombia. The Genetic disc berdiameter 27 sentimeter dan ditutupi dengan ilustrasi perkembangan janin dalam rahim. Arkeolog dan ilmuwan bingung dan tidak yakin bagaimana peradaban kuno berhasil mendapatkan informasi tersebut secara rinci. Bahan yang digunakan untuk membuat disk mirip dengan granit tetapi ditemukan memiliki kekuatan yang luar biasa. Para ilmuwan tidak dapat memecahkan kode bahan yang digunakan untuk menciptakannya. Rahasia di balik disk masih tetap merupakan misteri yang belum terpecahkan.

4.Mekanisme Antikythera misterius

Sumber Gambar : Weekend Wayfarers

The Mekanism Antikythera diyakini komputer analog pertama dalam sejarah. Artefak ini ditemukan di antara sisa-sisa kapal karam, yang diyakini Kapal Roman dan dinamai pulau Antikythera. Kapal karam ditemukan oleh penyelam Yunani pada tahun 1900, yang kemudian menemukan artefak yang di yakini berasal dari abad ke-4 SM. Artefak ini di pulihkan bentuknya pada tahun 1901 tetapi fungsi dari artefak ini baru terpecahkan 75 tahun kemudian. Setelah mempelajari selama puluhan tahun, sejarawan akhirnya mengerti bahwa desain yang sangat kompleks ini digunakan untuk memantau peristiwa langit, musim dan gerakan planet. Meskipun sejarawan mengetahui penggunaan perangkat ini, mereka masih ragu bagaimana mekanisme canggih seperti diperoleh oleh peradaban kuno.

5. Voynich Manuscript

Sumber Gambar : Wikimedia/Public Domain

Naskah Voynich  mungkin akan menjadi buku paling misterius yang pernah ditulis di dunia. Ketika mengalami penanggalan karbon, ilmuwan mampu memprediksi bahwa buku itu ditulis pada awal abad kelima belas. Tidak ada ilmuwan yang mampu memahami bahasa yang digunakan dan  buku ini telah di undecodable selama berabad-abad.
Buku ini tidak memiliki judul atau penulis dan bahasa yang terbaca diyakini merupajkan kriptografi canggih. Sebagian besar halaman ditandai dengan simbol dan ilustrasi yang aneh. Para ilmuwan masih tidak dapat menguraikan isi dalam buku. Buku ini telah aman disimpan di Universitas Yale Beinecke Rare Book dan Perpustakaan Manuskrip sejak 1969.

6. Baterai Baghdad atau Baterai Parthia

Sumber: Ancient-Wisdom/Ancient Origins

Artefak misterius yang dikenal sebagai baterai Baghdad ditemukan pada tahun 1930 selama penggalian dekat Baghdad. Diperkirakan berusia sekitar 2000 tahun, merupakan sebuah guci tanah liat berukuran 13 sentimeter yang berisi stopper terbuat dari aspal. Tongkat besi yang dikelilingi oleh silinder menonjol melalui mulut tabung. Ketika toples diisi dengan jenis larutan elektrolit, misalnya cuka, toples bisa menghasilkan sekitar 1,1 volt. Tujuan dari baterai adalah sebuah misteri dan tidak ada catatan tertulis yang menentukan fungsi yang tepat. Para ilmuwan percaya bahwa ini digunakan untuk menyepuh emas, praktik yang masih digunakan di Irak sampai hari ini.

7. Roman Dodecahedrons.

Sumber Gambar: Woudloper / Creative Commons 

The " dodecahedrons " yang misterius berbentuk benda yang banyak ditemukan dari Wales ke Mediterania. Sekitar 100 benda-benda aneh itu ditemukan. Komponen utama yang digunakan untuk membuat mereka adalah batu dan perunggu. Benda-benda dengan diameter  4-12 cm (1,5-5 in) 12 wajah pentagonal dan lubang yang berbeda dalam ukuran. Tidak ada hasil yang ditemukan untuk menunjukkan fungsionalitas benda tersebut. Beberapa ilmwan percaya bahwa itu digunakan dalam perang, sementara beberapa percaya itu digunakan untuk memahami musim. Orang juga berpikir bahwa ini adlah sajian dalam upacara keagamaan, karena kebanyakan dari mereka ditemukan dari kuil-kuil. Teori dan spekulasi dari objek ini masih misterius.

8. Bolshoi Zayatsky Labyrinths.

Sumber Gambar: Andrew Shiva / Wikipedia / CC BY-SA 4.0 

Labirin Bolshoi Zayatsky di Rusia utara adalah benda misteri yang belum terpecahkan lainnya. Pulau ini digunakan oleh orang-orang kuno  dan dperkirakan pada tahun 3000 SM untuk penyelesaian masalah irigasi. Misteri fungsi labirin batu yang ditemukan di daerah ini tidak diketahui. Sepanjang tahun, sekitar 35 labirin tersebut ditemukan di daerah ini. Sejarawan percaya bahwa labirin ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan agama atau melakukan ritual tertentu untuk orang mati. Temuan langka ini tidak menjelaskan apapun mengapa labirin ini diciptakan.

9. Ubaid Lizardmen.

Sumber Gambar: The Ancient Ones

Artefak Aneh humanoid yang menyerupai kadal ditemukan pada tahun 1919. Diyakini berusia 7000 tahun, patung-patung reptil ditemukan memiliki karakteristik tertentu. Beberapa dari mereka tampak seolah-olah mereka mengenakan helm,tangan berukuran memiliki kepala yang panjang, mata berbentuk almond dan seperti hidung kadal. Pentingnya patung-patung ini tidak jelas tetapi mereka diyakini telah memiliki tujuan yang kuat bagi orang-orang Ubaidian.

10. Raja Tikus.

Sumber Gambar: Wikipedia


Raja tikus adalah sebuah artefak yang berisi sebungkus hewan pengerat yang entah bagaimana semua ekornya menyatu. Sebagian besar ditemukan di Jerman, Perancis, Polandia, Belanda, Belgia dan Indonesia, yang terbesar dari artefak ini mengandung sekitar 32 tikus. Para ilmuwan dan sejarawan tidak yakin bagaimana ekor mereka menjadi menyatu. Tidak jelas apakah mereka diciptakan oleh manusia atau terbentuk secara alami.

Suka dengan artikel 10 Temuan Menakjubkan Arkeologi Misterius di Dunia Namun Masih Jadi Misteri ini, Bagikan ke teman Anda. Jangan lupa kunjungi kembali web saya ini untuk update ilmu pengetahuan lainnya.

Artikel Terkait