Top 10 Video Editing Software Terbaik

Tags

Teknologi telah jauh maju di zaman modern dan beberapa tahun terakhir telah tumbuh di pesat. Hari ini, untuk merekam video telah dipermudah  dengan hadirnya smartphone yang super serbaguna dengan hanya menekan sebuah tombol. Fungsi telah dibuat mudah, baik itu untuk mengambil video atau meng-upload ke sebuah situs di mana video akan dibagikan. Saat ini semua smartphone, kamera, dan PC hadir dengan fitur dasar yang diperlukan untuk mengedit klip sebelum meng-upload ke sebuah situs.

Namun, jika Anda tidak puas dengan kejelasan atau Anda ingin menambahkan beberapa efek visual untuk video  Anda maka alat pada smartphone Anda, kamera atau PC tidak akan cukup. Anda harus memiliki software editing video jika Anda ingin menambahkan track audio atau efek transisi atau efek video atau menggabungkan atau memotong klip.

Ide dasar dari software editing video adalah untuk menggabungkan video, gambar, dan lagu-lagu untuk membuat sebuah cerita video dimengerti dengan sentuhan khas pengalaman Anda. Untuk membeli alat editing seperti Anda harus mengunjungi toko software atau situs belanja populer. Tetapi kemudian Anda akan diragukan lagi dalam memilih software apa yang terbaik untuk Anda ketika Anda memiliki begitu banyak pilihan yang Anda inginkan.

Berikut adalah daftar kriteria yang harus dipertimbangkan saat memilih "software editing video terbaik" untuk Anda:

Alat editing

Semua software editing video  perlu dilengkapi dengan alat-alat yang membantu penggunanya dalam mensukseskan pkerjaan mereka. Alat seperti garis timer untuk menyelaraskan audio video dan mengatur adegan transisi. Sampah media untuk menyimpan video, stills, dan suara klip dan storyboard untuk mengatur urutan adegan. Selain itu, perangkat lunak juga harus memiliki fitur image stabilizer untuk menghapus output visual yang bergetar. Tool pencampur audio adalah suatu keharusan sehingga pengguna dapat dengan bebas menambahkan suara dan musik selain suara yang sangat baik ditangkap pada saat syuting video.

Kemudahan Penggunaan

 Sebuah editor video yang baik harus mampu mengidentifikasi dan mengimpor mudah video cepat dan terlepas dari rekaman yang ditangkap oleh DSLR, kamera digital, perekam video atau smartphone. Selain itu, aplikasi harus memiliki tutorial dan penjelasan dari semua fitur yang tersedia di dalamnya untuk membuat mengedit lebih mudah.

Dukungan Teknis

Semua aplikasi harus user-friendly, tapi yang terpenting juga harus ada customer service untuk berkonsultasi jika tiba-tiba pengguna terjebak di suatu fitur. Sebuah dukungan teknis atau online yang mudah untuk berkomunikasi adalah manfaat nyata.

Fitur Berbagi

Sebuah software editing video yang bagus harus memiliki fungsi yang memungkinkan pengguna untuk meng-upload video di Facebook atau YouTube langsung dari perangkat lunak mereka. Hal ini juga harus memungkinkan pengguna untuk mengekspor file yang dioptimalkan untuk melihat di DVD, smartphone, tablet atau PC.

Software 10 Best Video Editing 

1. Power Director Cyberlink


Dibekali dengan fitur-fitur yang tak terkalahkan dikelasnya. fungsi dan fitur-fiturnya yang menjanjikan, mudah dan mampu memuaskan editor video profesional ataupun baru. Namun, software ini belum dibuat tersedia untuk pengguna Apple.

2. Corel VideoStudio


Alat editing dari Corel VideoStudio Pro X6 memiliki kompetensi membuat vdeo Anda terlihat profesional. Software video seederhana dengan fitur lengkap mengedit video untuk merekam, mengedit dan berbagi. Pemula akan jatuh cinta dengan editor ini. Dibandingkan dengan editor video lainnya Corel Video Studio tidak memiliki banyak perpustakaan untuk transisi dan efek.

3. Adobe Premiere Elements


Adobe adalah merek terkenal dan pasti tahu apa yang konsumen inginkan, dan Adobe Premiere Elements datang sebagai salah satu yang terbaik untuk software video editing yang tersedia di pasaran.Perangkat lunak ini adalah anugerah untuk video editor pemula sedangkan untuk profesional mungkin terlalu sederhana dan mudah.

4. MAGIX Movie Edit Pro


Editor berkualitas tinggi adalah sebuah kenikmatan bagi banyak pengguna. Editor video ini kompatibel dengan format Blu-ray dan AVCHD, MAGIX Movie Edit Pro juga memiliki kemampuan untuk impor dan ekspor file 3D. Pengguna perlu men-download semua efek dan template dari perangkat lunak untuk memaksimalkan itu.

5. Roxio Creator


Seluruh paket kreatif digital dari Roxio Creator memiliki semua yang diperlukan untuk mengedit audio, video, gambar dan banyak lagi. Setiap komponen dari perangkat lunak adalah produk terpisah. Roxio memiliki semua alat yang diperlukan untuk menyelesaikan project dasar; Namun, tidak memiliki fitur-fitur canggih.

6. Pinnacle Studio


Ada banyak tema dan ribuan efek dan transisi yang untuk kreasi film Anda. Jika Anda mencoba menambahkan terlalu banyak klip tumpang tindih, perangkat lunak tidak akan dapat mendukung hal ini

7. Sony Movie Studio Platinum Suite


Perangkat lunak ini dilengkapi dengan software audio tambahan dan DVD. Dengan menu kustom, beberapa transisi yang baik, dan suara yang luar biasa, film yang dibuat dengan software ini keluar seperti pro. Anda perlu membeli lisensi jika Anda ingin mendapatkan keuntungan dukungan pelanggan.

8. nero Video


Nero Video mendukung pihak ketiga add-ons dan memungkinkan pengguna mengedit dengan banyak transisi, fungsi teks dan efek. Secara efektif dapat membuat video dalam berbagai format dan memiliki prompt dukungan pelanggan . Nero Video telah menjadi salah satu yang terbaik software video editing untuk waktu yang lama.

9. MoviePlus


Editor dapat menambahkan sebanyak-banyaknya klip. Anda memiliki pilihan untuk menggunakan wizard untuk membuat film. MoviePlus memiliki transisi yang lebih sedikit dan efek dibandingkan dengan perangkat lunak lain.

software editing video untuk pc
Sumber gambar: www.amazon.co.uk

10. VideoPad


Hal ini memungkinkan pengguna untuk meng-upload video langsung pada banyak situs sosial karena mendukung format file yang umum. Ini adalah perangkat lunak yang bagus untuk pemula. VideoPad memiliki fitur yang terbatas dan tidak memiliki transisi standar yang diperlukan untuk kebanyakan video editing.


Semua tergantung pada kebutuhan pengguna, Anda dapat memilih salah satu software editing video terbaik dari daftar di atas. Jangan lupa untuk berbagi jika anda menyukai artikel ini ke media sosial.

Artikel Terkait