Fakta Menarik Tentang Islandia Yang Akan Membuat Anda Berharap Tinggal Disana

Tags

Mungkin ada negara lain di dunia yang lebih menarik dan memikat dari Islandia. Memiliki semua kebutuhan yang di inginkan dan merupakan tujuan wisata yang sempurna. Memiliki pemandangan indah, iklim yang menarik,kaya akan budaya dan sastra, gunung berapi yang megah, gletser, pegunungan yang tertutup salju, aurora borealis, dan hal menarik lainnya. Meskipun islandia merupakan negara kecil dan jarang penduduknya, Peringkat Islandia berada di antara negara-negara terbaik di dunia. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa fakta menakjubkan tentang Islandia yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya.



1. Islandia adalah satu-satunya negara di dunia tanpa nyamuk.

Sumber Gambar: businessinsider

Meskipun nyamuk dikenal untuk berkembang biak di tempat-tempat dengan berbagai kondisi iklim, termasuk di Antartika dan Greenland, nyamuk tidak menyukai klim di Islandia. Menurut para ilmuwan, iklim Islandia membantu menjauhkan mereka. Tidak seperti di negara-negara dingin lainnya, di mana pupa bisa hibernasi selama musim dingin dan menetas ketika es mencair di musim semi, iklim di Islandia berubah dengan cepat dan tak terduga.

2. 100% dari populasi Islandia memiliki akses internet.

Sumber Gambar: internetlivestats

Dari tingkat 99,8 persen pada tahun 2015, Islandia telah mencapai 100 persen dari pengguna internet sesuai dengan data yang dikumpulkan dari International Telecommunication Union (ITU), Bank Dunia, dan Divisi Kependudukan PBB. Data ini mengacu pada pengguna internet yang dapat mengakses internet di rumah pada setiap jenis perangkat dan koneksi.

3. Islandia terletak di batas dua lempeng tektonik dan terbentuk dari letusan gunung berapi di Mid-Atlantic Ridge

Sumber Gambar: amusingplanet

Islandia adalah bagian dari punggungan antara lempeng Eurasia dan Amerika Utara. Ini dikarenakan rifting dan aktivitas gunung berapi ketika lempeng yang ditarik terpisah. Kehadiran punggungan juga berarti bahwa ada ratusan gunung berapi di Islandia dengan sekitar 30 sistem gunung berapi yang aktif dan banyak fenomena panas bumi seperti geyser.

4. Lebih dari 99% dari daya yang dihasilkan di Islandia adalah dari sumber terbarukan seperti tenaga air dan panas bumi. 

Sumber Gambar: go-GBA

Karena geologi yang unik, yang terletak di atas Mid-Atlantic Ridge dan jumlah besar yang dihasilkan dari gunung berapi dan geyser, Islandia menjadi produsen energi dan listrik per kapita terbesar di dunia.Terletak di punggungan tektonik aktif. Bersumber dari 200 gunung berapi dan 600 mata air panas, mereka dimanfaatkan untuk listrik tenaga panas bumi. Ada juga banyak sungai glasial dan air terjun di mana tenaga air dimanfaatkan.

5. Salah satu destinasi wisata paling populer di Islandia, Blue Lagoon, sebenarnya buatan manusia. 

Sumber Gambar: landlopers

The Blue Lagoon Spa terletak di bidang lava di Grindavík di Semenanjung Reykjanes, barat daya Islandia. Perairan spa yang kaya akan mineral seperti silika dan belerang, dan memiliki suhu rata-rata antara 37 dan 39 derajat Celsius. Pembangkit listrik tenaga panas bumi Svartsengi menggunakan superheated air (240 derajat Celsius) dari tanah dekat aliran lava untuk menjalankan turbin untuk menghasilkan listrik. Setelah itu, air dialirkan melalui penukar panas untuk memanaskan air kota dan dimasukkan ke dalam laguna untuk digunakan rekreasi dan terapi.

6. Islandia memiliki lebih banyak buku yang ditulis, diterbitkan, dan dijual per kapita dibanding negara lain. 

Sumber Gambar: for91days

Islandia memiliki literatur yang kaya. Prevalensi bisa karena fakta bahwa musim dingin yang panjang dan jarak yang jauh antar suatu tempat seperti bioskop membuat sulit untuk pergi keluar. Lebih penting lagi, ada juga sejumlah besar literatur pra-Kristen dalam bentuk The Sagas, cerita rakyat dan mitologi yang merupakan bagian intrinsik dari identitas dan budaya Islandia. Tidak mengherankan bahwa membaca dan menulis sangat umum.

7. Meskipun begitu jauh di utara, iklim di Islandia adalah sangat lembut.

Sumber Gambar: notendur

Musim dingin Islandia mencapai suhu rata-rata 0 0 C (32 F) sedangkan musim panas mencapai rata-rata 10 - 13 C (50 - 55 0 F) di selatan, sedangkan terendah tercatat adalah -39,7 0 C (-39,5 0 F) dan tertinggi 30,5 0 C (86,9 0 F).

8. Parlemen Islandia, adalah parlemen aktif tertua di dunia.

Sumber Gambar: qz

Alþingi (yang berarti "semua majelis") adalah parlemen nasional Islandia dan pertama kali terbentuk sekitar tahun 930, sekitar 60 tahun setelah pemukiman pertama di pulau itu. Ini terdiri dari para pemimpin kabupaten, anggota, dan seorang pembicara yang bertanggung jawab untuk membuat undang-undang dan keputusan . Selama abad ke-13 dan sampai pertengahan abad ke-19, bentuk pemerintahan diganti dengan kekuasaan legislatif bersama dengan Raja Norwegia dan berlanjut ke monarki absolut, Alþingi hanya berfungsi sebagai pengadilan. Pada bulan Juli 1843, Alþingi dihidupkan kembali, pemilu diadakan setahun kemudian, dan parlemen baru yang didirikan pada tahun 1845. Oleh karena itu dianggap "demokrasi parlementer tertua di dunia."

9. Islandia tidak memiliki tentara dan diakui sebagai negara paling damai di dunia.

Sumber Gambar: cnn

Menurut 2016 Global Report Peace Index, Islandia merupakan negara pertama sebagai negara yang paling damai, diikuti oleh Denmark dan Austria. Islandia bahkan tidak memiliki tentara. Hanya memiliki Coast Guard yang juga Sistem Pertahanan Islandia Air dan Response Unit Islandia Crisis untuk mendukung misi penjaga perdamaian. Hal ini tercantum dalam Guinness Book of Records sebagai "Negara paling damai" dan "belanja militer terendah per kapita". Karena menjadi negara republik yang merdeka pada tahun 1944, hanya satu orang telah yang tewas oleh polisi bersenjata di Islandia.

10. Islandia memiliki kepala negara perempuan pertama yang dipilih secara langsung di dunia dan perdana menteri gay.

Sumber Gambar: wikipedia , ellafestival

Islandia merupakan negara pertama yang memiliki partai politik, Kvennalistinn (Daftar Perempuan atau Aliansi Perempuan), dibentuk seluruhnya oleh perempuan pada tahun 1983. Pada tahun 1980, Vigdís Finnbogadóttir terpilih sebagai presiden, kepala negara perempuan yang pertama dipilih langsung, dan pada tahun 2009 Johanna Sigurdardottir menjadi perdana menteri gay yang pertama.

12. Islandia tidak memiliki nama keluarga. Sebaliknya, mereka membawa nama-nama yang berasal dari nama pertama dari ayah atau ibu mereka.

Sumber Gambar: cassavafilms

Islandia menggunakan sistem tradisional penamaan Nordic, yang mencakup nama keluarga (atau nama belakang) yang terdiri dari (atau ibu) nama pertama ayah mereka dengan penambahan -dóttir (-daughter) atau son. Jika Anda melihat sebuah buku telepon di Islandia, Anda akan menemukan nama-nama diurutkan berdasarkan nama pertama, bukan nama terakhir. Oleh karena itu, setiap orang di Islandia memanggil satu sama lain dengan nama pertama mereka.


13. Di Islandia, Anda dapat menggambar peta pada selembar amplop surat tanpa alamat, dan Anda akan sampai ke tujuan.

Sumber Gambar: cntraveler

Seorang turis di Reykjavik mengirim amplop ke sebuah peternakan di Hvammsveit, West Islandia, dengan gambar peta bukan dengan alamat. Termasuk nama desa dan negara, dan kata-kata "sebuah peternakan kuda dan tiga anak-anak dan banyak domba" di bagian atas dan "wanita Denmark bekerja di sebuah supermarket di Búðardalur" di bagian bawah bukan nama penerima. Surat itu berhasil sampai ke peternakan.

14. Ada formasi batuan alam di lepas pantai Islandia yang terlihat seperti gajah raksasa.

Sumber Gambar: unusualplaces

The Elephant Rock adalah formasi batuan alam di pulau Heimaey di Islandia Vestmannaeyjar archipelago. Pulau ini merupakan pulau terbesar dan paling padat dari Islandia dan rumah bagi sekitar 4.500 Islandia. Hal ini juga rumah bagi gunung berapi bernama Eldfell yang berarti Gunung Api di Islandia.

15  Tidak ada satupun restoran McDonald di Islandia.

Sumber Gambar: news.com.au

Meskipun McDonald telah buka pertama pada tahun 1993 di Islandia, krisis keuangan negara pada tahun 2009 memaksa restoran untuk tutup. Biaya terlalu mahal untuk mengimpor bawang dari Jerman,meskipun McDonald cukup ramai, mendapat keuntungan yang sangat rendah.

Artikel Terkait