Mana Yang Lebih Baik Asuransi Mobil All Risk atau TLO ?



Jika Anda memutuskan untuk membeli mobil baru, hal yang harus diperhatikan adalah perlindungan bagi mobil baru Anda, Kemudian memahami jenis-jenis asuransi mobil baru. Baik asuransi mobil baru maupun bekas semua kendaraan tersebut butuh perlindungan. Jenis  Asuransi bisa Anda pilih sesuai pertimbangan terbaik Anda. Asuransi mobil adalah sebuah perlindungan untuk mobil Anda yang didapatkan dengan membayar sejumlah premi tertentu.

Apa itu Asuransi Mobil?

Asuransi mobil adalah asuransi yang dikhuskan bagi para pemilik mobil pribadi ataupun mobil umum, untuk melindungi mobilnya dari ancaman yang berbahaya seperti kerusakan, kecelakaan, hingga pencurian mobil. Selain itu, asuransi mobil biasanya juga bertanggung jawab secara hukum kepada pihak ketiga atau penumpang, bencana alam, hingga kerusuhan.

Pentingnya Asuransi Mobil Bagi Anda

 Asuransi mobil adalah jenis asuransi yang dikhususkan untuk mobil, di mana semua risiko yang mungkin terjadi pada mobil Anda dialihkan kepada perusahaan asuransi. Dalam memilih asuransi mobil untuk mobil baru hal-hal yang perlu diperhatikan adalah kekuatan keuangan (security), jasa (service) dan biaya atau beban. Jika Anda memiliki asuransi berarti Anda memindahkan risiko kepada pihak perusahaan asuransi jadi jika Anda mengalami kerusakan mobil karena kecelakaan, biaya perbaikan mobil Anda akan ditanggung pihak asuransi.

Jika menimbang risiko yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda dengan manfaat yang akan Anda terima dari asuransi mobil, maka tentu Anda akan mempertimbangkan untuk segera memiliki asuransi mobil.

Jenis Asuransi Mobil

Sebagai pemilik kendaraan, Anda bisa melakukan perbandingan asuransi mobil dari dua jenis perlindungan mobil yang ditawarkan perusahaan asuransi, berikut adalah jenis asuransi mobil:

1. Asuransi Mobil All Risk

Asuransi kendaraan jenis ini disebut sebagai comprehensive atau keseluruhan. Artinya asuransi akan membayar klaim atas segala jenis kerusakaan. Mulai dari kerusakaan ringan, berat, hingga kehilangan.

2. Asuransi Total Lost Only (TLO)

Jenis pertanggungan asuransi kendaraan yang menjamin kerugian jika kendaraan mengalami kecelakaan dengan kerusakan di atas 75% seperti kendaraan terbakar, hilang akibat dicuri, dan dirampas paksa.
Perbandingan asuransi mobil ini tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Salah satunya adalah biaya pembayaran yang berbeda. Karena manfaatnya lebih banyak, biaya premi asuransi mobil all risk lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya premi asuransi TLO (total lost only).

Menghitung Biaya Premi Asuransi Mobil

Secara umum, cara menghitung premi asuransi mobil TLO dan all risk didasarkan pada rate asuransi dikalikan harga mobil. Besaran rate asuransinya berbeda-beda antara satu asuransi mobil dengan yang lain.
Untuk premi asuransi TLO, rate asuransi mobil rata-rata 0,8% – 1%.

Misalnya, bila Anda memiliki mobil seharga Rp193 juta dengan rate asuransi 0,8%, biaya yang harus dibayarkan sebagai berikut:
0,8% x Rp193.000.000,00 = Rp1.544.000,00

Sementara itu, rate asuransi mobil all risk rata-rata 2,5-3,5%. Asuransi tertentu bahkan menyediakan rate asuransi 1,5% untuk mobil berharga di atas Rp500 juta.

Untuk penghitungan premi asuransi yang harus dibayarkan, Contohnya Anda akhirnya lebih memilih asuransi all risk dari pada TLO, dengan harga mobil Rp193.000.000,00. Jika mengambil salah satu skema rate asuransi, yaitu 2,5% untuk mobil seharga Rp150.000.000,00 – Rp300.000.000,00. Maka jumlah yang harus dibayarkan adalah:
2,5% x Rp193.000.000,00 = Rp4.825.000,00

Besaran biaya premi TLO maupun all risk di atas nantinya masih ditambah dengan biaya administrasi. Biasanya biaya administrasi kurang dari Rp50.000,00.

Berdasarkan perhitungan di atas, premi asuransi all risk 312% lebih banyak dari pada TLO. Anda butuh merogoh saku tiga kali lipat dari premi asuransi TLO bila ingin mendapatkan polis asuransi mobil all risk.

Kesimpulan : Pilihlah jenis asuransi sesuai kebutuhan Anda dan tentunya pertimbangkan masalah biaya Premi yang harus dibayarkan.

sumber : futuready

Artikel Terkait