15 Lift Paling Menakjubkan di Dunia

Tags

Kebutuhan untuk lift telah ada selama lebih dari yang Anda pikirkan. Pada 236 SM, matematikawan Yunani Archimedes merancang lift dasar menggunakan tali dan spindle berputar disebut yang disebut penggulung.



Bangsa Romawi  menggunakan perangkat pengangkutan disebut winch dan counterweights untuk mengangkat gladiator dan binatang hingga arena untuk berperang. mengangkut barang, orang, dan ternak adalah beberapa alasan utama ada kebutuhan awal.

Alasan lain termasuk privasi. Louis XV yang memiliki beberapa alat-alat yang disebut kursi terbang untuk gundiknya dan meja terbang untuk urusan makan pribadi.

Lift yang modern berawal pada tahun 1800-an, dan pada tahun 1853, pengusaha Amerika Elisha Graves Otis memperkenalkan sesuatu yang spektakuler di eksposisi New York Crystal Palace: Lift dengan fitur keselamatan. Empat tahun kemudian, lift penumpang pertama sudah siap untuk digunakan di sebuah department store di New York City.

Gulir bawah untuk melihat beberapa lift modern yang paling menakjubkan di seluruh dunia.

1. AquaDom, Berlin, Jerman

The AquaDom adalah akuarium kaca akrilik menakjubkan menampilkan lift transparan. Terletak di Radisson Blu Hotel di Berlin-Mitte. Dibuka pada tahun 2004, proyek ini menelan biaya sekitar 12,8 juta euro dengan tinggi 82 kaki.



Kompleks ini juga rumah bagi hotel, kantor, restoran, dan Sea Life Center. Dibutuhkan sekitar 3-4 penyelam setiap hari untuk memberi makan ikan dan membersihkan tangki.



2. Bailong Elevator, Zhangjiajie, China


The Bailong Elevator, atau lift Seratus Naga, terletak di daerah Wulingyuan Zhangjiajie. Ini adalah 1.070 kaki. Tahun lalu, diakui sebagai lift luar ruangan tertinggi di dunia.



Konstruksi dimulai pada bulan Oktober 1999, dan tiga tahun kemudian, masyarakat diperbolehkan untuk mencobanya. Beberapa orang khawatir tentang dampak lingkungan dari lift untuk daerah sekitar. lift iini dijuluki sebagai Situs Warisan Dunia.

3. Hammetschwand Elevator, Ennetbürgen, Swiss



Lift luar tertinggi di Eropa adalah Swiss Hammetschwand Elevator, terletak dekat Danau Lucerne. Jika Anda takut ketinggian, Anda mungkin ingin menghindari mengunjungi tempat ini. Di bagian paling atasnya, pengunjung akan berada di 1.132 meter di atas permukaan laut.



Hammetschwand awalnya dibangun pada tahun 1905 oleh sebuah hotel di dekatnya, dan tetap utuh meskipun mengalami perang dunia.

4. SkyView lift, Stockholm, Swedia



Jika Anda pernah ke Stockholm, pastikan untuk pergi ke Ericsson Globe, bangunan bola terbesar di dunia. Untuk sampai ke puncak, anda harus menggunakan lift SkyView.


Di tempat tertinggi lift menempatkan Anda pada 425 kaki di atas permukaan laut, dan di sana, Anda bisa melihat panorama kota.

5. Gateway Arch, St. Louis, Missouri



Anda pernah melihat landmark ini di foto?, tapi Anda harus melihatnya secara langsung. stainless steel St. Louis

Gateway Arch berdiri pada 530 kaki dan memegang rekor sebagai lengkungan tertinggi di dunia.



Struktur ini awalnya dirancang oleh arsitek Finlandia-Amerika Eero Saarinen pada tahun 1947. Dan selesai pada tahun1965 dan dibuka untuk eksplorasi umum pada tahun 1967. Ada tiga cara untuk sampai ke puncak : tangga darurat, lift 372 kaki, dan trem.

6. Lift Menara Eiffel , Paris, Prancis



Kita tidak bisa melupakan menara ikonik ini. Ada tiga lift di Utara, Timur, dan Barat pilar, namun untuk naik ke atas, Anda harus mengubah Lift di lantai 2. Anda juga dapat menaiki tangga untuk perspektif yang unik

7. Louvre Lift, Paris, Prancis



Ketika di Paris, Anda harus mengunjungi ikon piramida IM Pei di Louvre. Sebuah pilihan aksesibilitas besar terletak di dalam untuk kenyamanan Anda.



Lift terbuka menyatu dengan tangga spiral. Sangat imajinatif!

8. Elevador Lacerda, Salvador, Bahia, Brazil



Hanya dalam 20 detik, Anda dapat pergi dari Praca Tome de Souza di Cidade Alta, Kota Atas, ke Praca Cairu di Cidade Baixa, Kota Bawah via Elevador Lacerda.

Lift ini dipuji sebagai karya Art Deco yang paling signifikan di Salvador. Melihat pemandangan berkilau dari laut sekitarnya.

9. Santa Justa Lift, Lisbon, Portugal



Untuk sampai dari distrik Baixa ke reruntuhan Igreja do Carmo, menaiki Elevador de Santa Justa, atau Lift Santa Justa. Anda dapat mengagumi besi dan lengkungan neo-gothic sementara pada saat yang sama menghindari mendaki Carmo Hill.



Anda akan senang dalam pemandangan pusat Lisbon serta gerbong kayu bergaya yang membawa Anda ke sana.

10. Mercedes-Benz Museum lift, Stuttgart, Jerman



Jika Anda berencana untuk mengunjungi Museum Mercedes-Benz, pastikan untuk membagikan momen indah ditempat ini. Banyak wisatawan mengatakan mereka telah menghabiskan sepanjang hari di sana. Untuk memulai tur, Anda dapat menaiki lift ke lantai 8 dan berjalan dari sana.



Menurut wisatawan Eropa, pengunjung berjalan selama setidaknya 1,5 km, beberapa sampai 5 km hanya di dalam museum.

11. Sky Tower, Auckland, Selandia Baru



Hanya dalam 40 detik, Anda dapat mencapai observatorium di Auckland, Selandia Baru, di mana Anda akan berada di ketinggian 610 kaki untuk menikmati panorama 360 pemandangan kota.

12. Lloyd Building, London, Inggris



Terletak di Lime Street, Lloyd of London adalah pasar spesialis asuransi yang paling terkenal di dunia dan membanggakan dan merupakan salah satu bangunan yang paling futuristik di kota. Dibutuhkan sekitar 30 detik untuk mencapai puncak.

13. Luxor Inclinators, Las Vegas

Sumber Gambar

Ketika mengunjungi Luxor di Las Vegas, Anda bisa naik salah satu "inclinators."

14. Taipei 101, Taipei, Taiwan

Sumber Gambar


Taipei 101 yang menyandang gelar sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia pada tahun 2004, kemudian Dubai menggesernya dengan selesainya Burj Khalifa lima tahun kemudian. Namun, bangunan LEED platinum ini bersertifikat masih cukup istimewa. Mencapai lantai ke-89 di hanya 37 detik, di mana Anda akan berada 1.000 kaki di atas permukaan tanah. Semuanya akan terlihat sangat kecil dari sana, seperti bintang kecil.

15. Rockefeller Center, New York



Ini adalah tempat yang populer, terutama disaat liburan. Terletak di tengah kota Manhattan, Rockefeller Center adalah tempat yang harus di kunjungi bagi penggemar sejarah dan bagi para Instagrammers. Anda dapat mencapai lantai ke-70, yang disebut Top of the Rock, hanya dalam 42 detik.

Artikel Terkait