Inilah Alasan Bumi Bulat Tapi Terlihat Datar

Di mata kita bumi selalu terlihat datar. Padahal bumi sebetulnya berbentuk bulat atau lebih tepatnya Oblate Spheroid.



Sumber Gambar : howwouldwesurvive.com


Tapi, jika benar bulat, kenapa bagi kita bumi terlihat datar? Singkatnya bumi bisa terlihat seperti datar karena bumi itu sangat, sangat, sangat besar dibandingkan kita manusia yang sangatlah kecil.

Contohnya, saat berada di tepi pantai kita bisa melihat kapal yang datang muncul sedikit demi sedikit dari balik cakrawala. Fenomena ini hanya bisa terjadi karena bumi kita memiliki lengkungan. 

Sekalipun kita bersikeras bahwa dari sudut pandang kita permukaan laut selalu tampak datar. Kemudian jika misalkan benar bumi itu datar, kenapa belum pernah ada orang yang melapor bahwa mereka pernah pergi ke ujung dunia. 

Faktanya, kika kita pergi lurus terus ke satu arah pada akhirnya kita akan sampai kembali ke tempat semula. Memang benar manusia sudah mempertanyakan soal bentuk bumi sejak berabad-abad lalu. Bahkan, hingga saat ini. 

Contohnya, di Mesir kuno pernah ada kepercayaan bahwa bumi itu berbentuk kotak. Lalu di Yunani kuno banyak orang yang menganggap bahwa bumi itu berbentuk seperti mangkuk ceper. 

 Kita harus terima kasih kepada para peneliti , para ahli astronomi modern dan misi-misi ke luar angkasa. Karena melalui pengamatan mereka akhirnya kita tahu pasti bahwa bumi itu bulat. 

Miskonsepsi soal bentuk bumi sesungguhnya dapat dimaklumi, Karena menurut para ahli psikologi kognitif Kita sebagai manusia selalu berusaha memahami lingkungan sekitar melalui intuisi kita. Akibatnya , kita menerjemahkan dunia seperti apa yang kita lihat, Padahal faktanya , dunia jika dipelajari lebih dalam, Tak selalu seperti apa yang kita lihat. 

Jadi mungkin sudah saatnya kita mulai belajar mengakui keterbatasan kita, Dalam memahami alam semesta yang tidak terbatas ini.

Artikel Terkait