Laptop Anda Lemot, Begini Cara Ampuh Mengatasinya.

Tags

Jika laptop lama Anda mulai melambat karena tidak dapat mengikuti pembaruan terbaru pada Windows,hal bisa jadi penyebab pc atau laptop lemot dan sering mengalami not responding, mungkin sudah saatnya mempertimbangkan untuk mencoba Linux. Jika Anda pernah mendengar tentang Linux, atau mencobanya di masa lalu, Anda mungkin berpikir Linux terlalu rumit untuk digunakan. Itu tidak benar lagi. Panduan ini akan menunjukkan cara mencobanya secara bebas risiko, dan cara mengoptimalkannya.



Mengapa Linux?
Ada dua alasan bagus untuk mempertimbangkan Linux. Pertama, Linux membutuhkan lebih sedikit memori dan penyimpanan daripada Windows. Kedua, bahkan bagi mereka yang memiliki mesin yang hebat, Linux kebal terhadap sebagian besar virus dan malware yang mempengaruhi komputer Windows. Anda tidak harus menjadi jago komputer untuk menginstalnya atau menggunakannya. Setelah terinstal, desktop akan menyerupai Windows atau, dalam beberapa varietas, Android.

Memilih Versi Linux
Ada banyak versi berbeda dari Linux yang tersedia untuk diunduh. Beberapa versi yang paling populer termasuk Ubuntu, RedHat, dan Mint. Versi ringan dari sistem operasi memerlukan sedikit memori atau penyimpanan. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Knoppix yang begitu ringan itu bisa dijalankan dari USB thumb drive, tanpa harus memasang apapun di hardisk komputer Anda.  
  • Lubuntu adalah versi ringan dari Ubuntu, atau lebih tepatnya sub-keluarga Ubuntu yang disebut Xbutu, yang hadir dengan beberapa aplikasi populer yang telah terpasang sebelumnya.
  • PIXEL adalah versi Linux yang dibuat oleh pembuat Pi Raspberry, namun juga dapat digunakan pada laptop yang benar-benar tua sekalipun.
  • Remix OS adalah versi Linux yang memberi Anda Android di laptop Anda. Ini dirancang untuk komputer yang lebih baru dan bahkan mendukung layar sentuh. 
  • Puppy Linux juga bisa dijalankan dari removable media. Seluruh sistem operasi hanya membutuhkan 250 MB, yang berarti Anda dapat menginstalnya dan mem-boot dari CD.

Anda bisa mencoba Linux yang dijalankan dengan mendownloadnya ke flash drive eksternal. Anda dapat memilih untuk menyimpannya di drive dan menggunakannya kapan pun Anda mau tanpa menghapus Windows, coba versi lain dari Linux atau, jika Anda suka, simpan di hard drive laptop Anda.

Jika Anda diberi pilihan antara versi 64-bit atau versi 32-bit dari perangkat lunak, cobalah dulu 64-bit. Dengan Linux Mint, ini harus bekerja pada komputer manapun yang usianya kurang dari lima tahun. Ukuran unduhan bervariasi, dari mana saja dari 250MB menjadi 1.5GB, tergantung versi yang Anda pilih.

Menginstal Linux
Setelah Anda memiliki Linux di removable drive, hubungkan ke laptop Anda. Di sini, Anda perlu me-restart laptop dan mengganggu proses startup untuk masuk ke UEFI atau BIOS-nya. Tonton layar dengan hati-hati untuk tombol mana yang Anda butuhkan untuk menekan. Pada banyak laptop HP, misalnya tombol F9. Pada Lenovo Thinkpad, bisa jadi tombol Novo di pinggir laptop. Jika Anda tidak melihat petunjuk saat sistem sedang booting, Anda bisa mencarinya di situs web produsen laptop.

Restart laptop lagi dan tekan tombol untuk masuk UEFI atau BIOS segera dan tahan sampai terdengar bunyi bip atau layar BIOS muncul. Ikuti petunjuk pada layar untuk melakukan booting dari drive yang dapat dilepas. Dengan menggunakan tombol panah, masuklah ke menu "Boot". Jika Anda tidak melihat opsi ini, masuk ke Fitur Lanjutan atau Pilihan Lain untuk menemukannya. Di sini, Anda bisa mengubah urutan komputer yang memilih untuk mencari sistem operasi. Alih-alih booting dari hard drive, pilih opsi media removable Anda.

Saat Anda keluar dari BIOS, laptop akan boot dari Linux dan bukan Windows. Pertama kali berjalan Anda akan mendapatkan jendela setup. Ikuti petunjuk di layar untuk memasangnya.

Begitu Anda menemukan versi Linux yang Anda sukai, Anda dapat terus menggunakannya dari flash drive, atau menginstalnya pada hard drive Anda. Jika hard drive memiliki cukup ruang, Anda dapat menyimpan Windows utuh, jika tidak membuat cadangan instalasi Windows Anda dan semua file Anda sebelum memformat drive dan menginstal Linux.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan
Jika Anda memutuskan untuk menghapus sistem operasi Anda saat ini, penting bagi Anda mengetahui bahwa versi Linux Anda bisa berjalan pada laptop Anda terlebih dahulu. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah drivernya, terutama driver untuk adaptor WiFi Anda. Laptop menggunakan berbagai macam adapter WiFi yang berbeda. Karena jarang driver yang Anda butuhkan tersedia pada Linux. Anda mungkin perlu mendownloadnya secara terpisah dan menginstalnya sendiri.

Jika versi Linux Anda tidak memiliki driver WiFi yang tepat, Anda memerlukan akses Internet untuk mendownloadnya sendiri. Download dengan menggunakan Windows. Biasanya ada petunjuk cara menginstal driver di situs web yang sama yang menawarkan file download.

Jika Anda kehilangan driver, seperti untuk printer Anda, cara terbaik adalah mendownload dan menginstalnya sebelum melakukan apapun ke versi Linux manapun juga. Namun, hilang driver printer tidak seperti hilang driver WiFi yang memberikan Anda akses Internet.

Mendapatkan Aplikasi yang Anda Butuhkan - Gratis
Satu hal yang pengguna Linux baru terbiasa dengan sangat cepat adalah mereka tidak perlu membayar perangkat lunak. Seperti Linux sendiri, sebagian besar aplikasi Linux bersifat open source dan bebas digunakan. Bergantung pada versi yang Anda download, mungkin Anda mendapati beberapa aplikasi ini sudah terpasang. Jika tidak, Anda bisa mendownloadnya dan menginstalnya sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Firefox . Ini adalah default built-in web browser untuk sebagian besar versi Linux. Jika Anda telah menggunakan Firefox di Windows atau Mac, Anda akan menemukannya hampir sama di Linux. Jika Anda tidak menyukai Firefox untuk alasan apapun.
  • Google Chrome . Ya, ini tersedia untuk Linux juga.
  • Thunderbird . Ini adalah email client yang dibangun oleh orang yang sama yang membuat Firefox.
  • LibreOffice adalah versi Linux dari Microsoft Office. Ini biasanya dilengkapi built-in dengan Linux juga. Buatlah dokumen Word, atau spreadsheet Excel secara gratis.
  • Atom adalah editor teks, dengan lebih banyak pilihan daripada Notepad, tapi lebih cepat dan lebih kecil dari Word.
  • WizNote adalah aplikasi catatan, mirip dengan OneNote dan Evernote.
  • GIMP adalah pesaing open-source untuk Adobe Photoshop dan benar-benar gratis.
  • Pinta kurang rumit dibanding Photoshop atau GIMP, bagi yang ingin menggambar dan melukis.
  • VLC adalah pemutar video gratis yang juga memutar file audio dan podcast.
  • Skype tersedia untuk Linux sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangan video call tersebut.

Satu-satunya kekurangan yang mungkin Anda temukan adalah dalam kategori permainan.

Artikel Terkait